Tuesday, May 29, 2018

Cara Mengobati Sakit Snot Pada Lovebird

Para pecinta Lovebird pasti akan merasa galau saat mendapati burung kesayangan sedang sakit mata atau yang biasa disebut snot. Jangan remehkan snot pada burung lovebird anda karena kenyataannya penyakit ini bisa membunuh burung kesayangan kita secara perlahan-lahan. salah satu kendala terbesar dalam ternak lovebird koloni adalah penyakit snot, karena penyakit ini termasuk penyakit yang cepat menular. Sehingga jika salah satu lovebird kalian terkena snot jika tidak segera dipisahkan maka lovebird yang lainnya dapat dipastikan akan tertular penyakit ini. Cara mengobati sakit snot pada burung lovebird bisa dibilang mudah namun bisa juga dibilang sulit, jika sakit snot dalam gejala awal saja seperti mata berair mungkin hanya membutuhkan sekitar 3 - 4 hari saja untuk bisa sembuh setelah pengobatan, namun jika snot dalam kategori yang sudah parah pengobatan hingga sampai sembuh bisa memakan waktu hingga 1 bulan lebih. Ada beberapa obat sakit snot pada lovebird yang tersedia ditoko burung yang bisa kalian gunakan untuk mengobati snot pada lovebird anda namun sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa sebenarnya penyakit snot itu.

cara mengobati snot pada lovebird

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Lovebird terserang sakit snot.
Faktor lingkungan antara lain :

* Kebersihan kandang
Kebersihan kandang lovebird sering kali diabaikan oleh pemilik. Kandang  tidak bersih menjadi sarang bakteri sehingga penyakit mudah datang.

* Kekurangan nutrisi
Burung Lovebird juga butuh nutrisi yang cukup. Lovebird yang kurang mendapatkan nutrisi lebih beresiko terserang snot ketimbang Lovebird yang mendapatkan nutrisi yang cukup.

* Sirkulasi udara yang kurang bagus
Misalnya pemilik sering membakar sampah disekitar kandang  sehingga membuat Lovebird terpapar asap pembakaran sampah.

* Cuaca ekstrim
Cuaca yang tidak menentu cenderung berubah ubah bisa membuat burung Lovebird mudah terserang penyakit. penyakit snot sering menyerang ketika pergantian musim yaitu dari musim penghujan beralih ke musim kemarau.

* Pencahayaan sekitar kandang
Pantulan cahaya seperti cahaya matahari, kaca atau lainnya yang mengenai mata lovebird juga bisa menyebabkan lovebird terkena snot.

* Tertular sakit snot dari burung lovebird lainya, bisa dari tempat minum yang biasanya dijadikan satu dengan beberapa lovebird lainnya.


Ciri ciri burung terjangkit penyakit snot antara lain :

* Mata berair

* Burung lovebird yang biasanya lincah jadi tidak selincah hari hari biasanya

* Nafsu makannya menurun sehingga membuat tubuh lovebird menjadi lebih kurus

* Biasanya burung yang sedang sakit kotorannya berwarna agak keputih putihan.

* Munculnya bintik putih disekitar mata yang menyerupai biji bijian.

* Sering menggosok-gosokkan mata ke tangkringan


Cara mencegah supaya burung tidak terkena snot

* Bersihkan kandang secara rutin

* Semprotkan desinfektan disekitar kandang burung agar bakteri bakteri penyebab penyakit hilang.

* Penuhi kebutuhan nutrisi Lovebird.

Bila burung Lovebird kesayangan sudah terlanjur terjangkiti penyakit snot maka
Penanganan yang cepat dan tepat pada penyakit snot sangat dibutuhkan agar Lovebird kembali sehat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ambil untuk mengobati burung lovebir yang sakit snot.

1. Jika kalian mendapati lovebird kalian terlihat lesu dan mata agak berair segera pisahkan burung tersebut dengan burung lainnya agar burung lannya tidak ikut tertular.Tutupi kandang lovebird dengan kerodong  sebagai bentuk karantina  untuk mempercepat penyembuhan.

2. Selama pengobatan sebaiknya lovebird selalu dikrodong agar tidak terkena angin, karena tiupan angin juga dapat menghambat penyebuhan.

3. Boleh dijemur sebentar sekitar 10-15 menit pada pagi hari asalkan dalam keadaan tidak ada angin, karena lovebird akan sangat membutuhkan vitamin D dari sinar matahari untuk meningkatka daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Namun tidak diperbolehkan melakukan penjemuran yang terlalu lama.

3. Pastikan keadaan kandang selau terjaga kebersihannya, kalian juga bisa menyemprotkan air sirih kekandang lovebird untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab snot. Cara membuatnya ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus bersama air sampai mendidih alu tunggu hingga dingin dan disaring. Anda dapat menggunakan air tersebut untuk mensterilkan kandang lovebird dari berbagai bakteri dengan cara disemprot-semprotkan.

3. Jika snot dalah kategori yang cukup parah biasanya akan muncul seperti biji-bijian pada matanya, kalian dapat mengambilnya dengan hati-hati agar tidak menyakiti sang lovebird.

4. Dari pengalaman saya obat sakit snot pada lovebird yang mujarap adalah Anti Snot Kalian dapat membeli obat ini ditoko-toko pakan burung diwilayah anda. Cara penggunaanya cukup teteskan obat ini ke mulut lovebird 3 tetes sehari 3 kali, pagi siang dan sore. Obat ini adalah obat serbuk jadi sebelum digunakan anda harus mencampur dengan air matang terlebih dahulu kira-kira sampai pada pangkal leher botol ini kemudian kocok dengan keras sampai air dan serbuk menyatu. Ingat obat ini diteteskan kemulut atau paruh lovebird bukan pada mata lovebird. Obat ini hanya efektif 14 hari setelah dicampur air setelah itu akan kadaluarsa, jadi jangan dipergunakan lagi untuk pengobatan setelah 14 hari.

Obat snot pada lovebird
Baca juga : Cara Ternak Lovebird Secara Ganpang
Lakukan hal diatas hingga snot pada lovebird benar benar sembuh total. Mengobati snot pada lovebird memang butuh waktu dan cukup kesabaran. Bahkan terkadang kelihatannya burung lovebird kita sudah sembuh lalu pengobatannya dihentikan kemudian selang beberapa hari penyakit snot terkadang akan datang lagi, jadi proses pengobatan sakit snot harus sampai benar benar sembuh. Jika lovebird terlihat lincah, makannya sudah lahap kembali, bulu-bulu mulai rapi, kotoranya tidak berair dan rajin bernyanyi itu menandakan burug lovebird kesayangan kita sudah sehat kembali.
Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat silakan like dan share artikel ini dan terimakasih telah membaca artikel dari saya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner