Monday, September 25, 2017

Panduan Cara Ternak Lovebird Secara Gampang

Panduan Cara Ternak Lovebird Secara Gampang buat pemula | Beternak burung lovebird pada tahun 2000 hingga awal tahun 2011 memang menjadi salah satu usaha sampingan yang sangat menjanjikan, namun karena jumlah para peternak lovebird akhir-akhir ini semakin memblundak tentunya sangat mempengaruri nilai jual dari burung burung lovebird. Mengingat cara ternak burung lovebird tidak begitu susah tak jauh beda dengan cara ternak kenari membuat banyak orang berlomba- lomba untuk membudidayakan hewan ini.
Namun meski banyak orang mencoba mengembangbiakan Lovebird ternyata tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan dan harus berakhir ditengah jalan sebelum mereka memperoleh keuntungan.

Adapun kegagalan-kegagalan yang sering ditemui oleh pemula antara lain :

# Burung yang dijodahkan tidak mau berjodoh. 
1. Ada beberpa faktor penyebab burung lovebird tidak mau berjodoh, diataranya adalah kedua burung yang dijodohkan memiliki kelamin yang sama karena memang membedakan jenis kelamin Lovebird bisa dibilang susah apalagi buat pemula.

2. Usia Lovebird terlalu muda atau beda usia yang cukup jauh. Usahakan ketika menjodohkan lovebird usia jantan lebih tua daripada betina idealnya adalah jantan 14 bulan dan betina 10 bulan.

3. Burung lovebird kurang birahi, keberhasilan saat menjodohkan lovebird juga dipengaruhi tingkat kebirahian sang burung, jadi usahakan saat menjodohkan kedua burung harus sama-sama birahi.

4. Kondisi burung belum vit. Selain 3 faktor diatas kondisi kesehatan burung juga sangat mempengaruhi, misalnya jangan menjodohkan ketika burung sedang mabung atau bulu rontok atau lovebird terkena penyakit seperti nyilet, nglemak atau berak kapur.

# Telur Lovebird tidak menetas.
Salah satu penyebab telur lovebird tidak menetas adalah kemungkinan pasangan tersebut betina semua, karena burung ini juga mau berjodoh dengan sesama jenis. Kasus lainnya adalah sang jantan tidak ngisi, jadi meskipun terjadi perkawinan tapi telur yang dierami sang betina tetap tidak akan menetas dan bisa juga disebabkan sang betina setres akibat ketika mengerami kondisi kandang terlalu ramai atau glodok sering dilihat oleh pemiliknya. Jadi untuk pertama kali Lovebird mengerami telurnya jangan sampai kalian membuka dan melihat isi glodok.

# Bayi Lovebird dimangsa indukannya sediri.
Setelah bayi lovebird menetas biasanya sang indukan mulai meloloh bayi-bayinya hingga kurang lebih sekitar 1,5 bulan.  Namun pada masa meloloh anak-anaknya belum selesai terkadang sang indukan sudah birahi dan melakukan perkawinan lagi. akibatnya anak-anak yang masih butuh lolohan dari indukannya terbengkalai bahkan ada juga indukan yang tega melukai anakannya sendiri. Jika kalian menemui kondisi seperti ini baiknya segera pisahkan bayi-bayi lovebird dari indukannya untuk diloloh sendiri atau disepet.


Cara sukses ternak Lovebird dengan memilih indukan Lovebird yang siap kawin

    Sebelumnya kita harus tahu jenis lovebird yang akan kita ternak dan jenis lovebird yang saya rekomendasikan dan banyak diminati pasar adalah jenis kacamata atau klep

Cara Ternak Lovebird Secara Gampang

Umur dan warna serta panjang ekor sangat mempengaruhi efisiensi ternak lovebird agar cepat menghasilkan anakan.

Burung Lovebird Jantan

      Membedakan jantan dengan betina yang paling efektif dengan pengujian laboratorium,tapi tidak usah khawatir karena lovebird jantan selalu berdiri tegak dan ekor ujungnya membentuk agak lancip, bila diraba agak kaku dibanding betina. pilih jantan yang sering mengeluarkan bunyi,dan selalu menarik perhatian.

Burung Lovebird Betina

     Ciri-ciri betina badannya lebih bulat dan berdiri seperti menahan berat badan (tidak setegak pejantan) dan tidak terlalu banyak bertingkah.ekor ujungnnya seperti mengotak atau melebar.pilih betina berdasarkan umur,jika pejantannya berumur 1 tahun maka betina umur 10 bulan,cara ini lebih mudah untuk menjodohkannya.

Persiapan kandang beternak Lovebird


kandang lovebird


     Yang saya rekomendasikan adalah beternak dengan cara koloni, misal 3 jantan dengan 5 betina atau perbandingan sama
Ukuran kandang bisa memilki tinggi 2 meter dengan panjang 2 meter dan lebar 1,5 meter. Aksesoris untuk pakan dan minum hendaknya berada dekat dengan kamar untuk bersarang (seperti kotak kayu yang dilubangi)

Cara mengawinkan Lovebird

        Setelah persiapan kandang selesai, kita masukan indukan jantan terlebih dahulu untuk memilih sarang yang mereka sukai, setelah itu baru masukan indukan betina (cara ini yang paling ampuh) susuhan atau sarang alas dapat kita beli di toko atau dengan daun cemara kering

Pasca bertelur

      Menunggu waktu lovebird jika sudah bertelur membutuhkan waktu 18 hari untuk menetas. ransum pakan yang biasanya cuman milet dan jagung bisa ditambahkan pelet ayam di campur dengan bubur bayi di wadah yang lain.
Mitos saat pengeraman tidak boleh di buka tutup kandangnya itu tdak benar.kenyataannya kita harus sesekali mengecek keadaan indukan yang mengerami.jika indukannya kurang fit,kita bisa menambahkan vitamin dalam ransum pakan dan minumannya,agar proses pengeraman berhasil 100%

Penanganan pasca menetas

       Cara ternak lovebird pada tahap pasca menetas memang salah satu tahap yang paling menegangkan. Untuk itu biarkan indukan merawat anaknya hingga anaknya dengan sendirinya keluar dari sarang.sebelum itu dari awal anakan menetas pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering harus ada untuk proses lolohan.
Nah akhirnya saat yang ditunggu untuk memanen dan hal ini adalah hal yang sangat menyenangkan untuk peternak.
Sekedar info 1 indukan bisa menghasilkan 2-4 ekor anak burung lovebird.

Untuk sementara burung love bird yang kita sapih masih harus ada makanan yang lembut karena usus mereka belum mampu untuk memakan biji-bijian keras secara langsung.
contoh kita bisa berikan jagung muda yang dipasrah dan dicampur pelet. 2 minggu setelahnya baru pengenalan milet dan makanan tambahan lainnya.

Saatnya untuk bangga dan menikmati kesuksesan beternak burung yang satu ini,mudah kan dan makanan burung ini tidak membuat kebingungan atau bikin kantong bolong, dan pastinya prospek yang cukup menjanjikan.

Untuk menambah inspirasi, bisa kalian lihat video singkat ternak Lovebird secara koloni berikut ini :



Related Post :
Ingat !!!!!!
harga selalu mengikuti pasaran dan sebaiknya beternaklah penuh cinta seperti burung lovebird, selalu mengedepankan cinta kesuksesan dan keuntungan akan datang dengan sendirinya.
Itu tadi sedikit tips Cara ternak lovebird dari saya, silakan anda coba dirumah dan semoga ulasan ini bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner